Aturan Utama Dalam Sebuah Perdebatan

Kreatizen.my.id - Apakah Anda membenci perdebatan dan selalu berusaha menghindarinya? Ataukah Anda merasa selalu mati kutu ketika berdebat? atau boleh jadi, Anda merasa tidak produktif kendati unggul dalam beragumentasi? Jika ya, Saya akan menuntun Anda untuk beragumentasi dengan baik.

Kemampuan untuk ber agumentasi dengan tenang, logis dan efektif merupakan aset yang berharga, baik dalam dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.Berikut ini adalah Sepuluh aturan utama dalam Perdebatan :

1. Persiapkan Segalanya

Sebelum mengawali sebuah Argumentasi, pikirkan matang-matang tentang persoalan yang akan Anda kemukakan dan hal yang Anda inginkan dari lawan bicara Anda. 

Apa yang sebenarnya menjadi tujuan Anda dalam pembicaraan ini dan pilihlah argumen kunci yang handal.

2. Kapan Saat untuk berdebat, Kapan Saat untuk Menjauh

Sebelum mengawali atau meladeni sebuah percakapan, tanyakan kepada diri Anda: Apakah ini waktu dan tempat yang tepat? Mengetahui kapan dan dimana Anda dapat memperbincangkan sesuatu dan kapan anda perlu untuk menjauh merupakan keterampilan yang sangat penting.

Sebelum Anda memasuki Perdebatan penting sekali untuk memikirkan hal-hal berikut:
  • Apakah perdebatan tersebut bermanfaat?
  • Apakah lebih baik melakukan pembicaraan empat mata ataukah dengan disaksikan banyak mata?
  • Apakah Anda memilik informasi yang memadai?
3. Bukan Hanya Apa yang Anda Katakan, Melainkan Juga cara Anda Mengatakannya

Cara Anda menyajikan bukanlah persoalan pakaian atau potongan rambut Anda. Tentu saja, penampilan tetaplah penting dalam berbagai situasi. 

Namun dalam ber agumentasi, susunlah kata-kata Anda dengan baik.

Sampaikan dengan jelas, berani dan berwarna-warni. Tampilkan diri Anda sebagai sosok yang cerdik, tenang, tetapi penuh makna ketika berbicara.

4. Mengatasi Kebuntuan

Saat mendengarkan, jangan melamun hal-hal yang ingin Anda katakan sesudahnya. Berlatihlah untuk mendengarkan  dengan seksama, yakni mencerna perkataan orang lain. 

Sembari melakukanya, Anda akan memperkaya argumen Anda sendiri, dan sanggup membangun kesamaan pendapat yang akan menjadi dasar bagi Anda untuk melangkah maju.

5. Dengarkan dan Dengarkan Lagi

Dengarkan pembicaraan orang lain dengan seksama. Pastikan mereka telah memahami maksud dari perkataan Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url