Cara mengatasi rasa gugup disetiap situasi

Kreatizen.my.id - Rasa gugup sudah tidak bisa kita hindarkan dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang rasa gugup datang dari situasi yang memaksa kita untuk bersikap diluar perilaku sehar-hari.

Kita telah meluangkan banyak waktu untuk menghilangkan semua rasa cemas sebelum menghadiri sebuah acara, tetapi terkadang rasa gugup datang secara tiba-tiba. Apa yang harus dilakukan pada saat itu?

1. Atur pernapasan Kamu

Rahasianya terletak pada tarikan napas Kamu. Salah satu gejala rasa gugup adalah tarikan napas yang beralih ke dada atas sehingga menghasilkan napas pendek yang selanjutnya menghasilkan napas pendek yang selanjutnya mengganggu pembicaraan.

Perlambat tarikan napas Kamu dan pusatkan perhatian untuk memindahkanya ke bagian bawah perut Kamu. Selagi Kamu berbuat demikian, otomatis Kamu akan memperlambat tingkat percakapan Kamu dan Kamu dapat mengalihkan perhatian kepada orang lain yang berada di sekeliling Kamu dan sepenuhnya terhubung dengan mereka.

Dengan demikian, fokus perhatian Kamu akan bergeser dari dalam keluar. Sekali Kamu berhasil melakukannya, Maka Kamu akan melihat bahwa seluruh tanda-tanda rasa cemas telah lenyap tak berbekas.

Simak Selengkapnya : Cara berbicara penuh percaya diri

Ingatlah bahwa jika Kamu tengah sepenuhnya berkonsentrasi mendengarkan dengan telinga, mata, dan hati pada orang lain, mustahil untuk fokus pada diri Kamu sendiri. Selain itu, fokus pada diri sendirilah yang justru menimbulkan rasa gugup itu.

2. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk mengatasi serangan kecemasan ini, Menurut peneliti menyebutkan dengan mendengarkan musik dapat mengubah detak napas, detak jantung dan tekanan darah Kamu, tergantung dengan itensitas musik dan tempo yang Kamu dengarkan dan jika Kamu berada dikeramain gunakanlah Headset dan jauhkan keributan sebab dapat memperburuk serangan panik,

3. Berpikir positif

Berpikirlah dengan positif dengan itu semua akan berjalan dengan baik. Ketika rasa gugup itu datang dan Kamu memiliki pemikiran positif maka Kamu akan mencoba mencari solusi dengan cara pikiran yang baik, sehingga tidak memperparah rasa gugup yang Kamu rasakan. Jika respon yang Kamu berikan negatif maka hasilnya pula akan negatif.

4. Minum air putih

Ketika Kamu mulai merasa gugup, cobalah meminum segelas air putih. Sebab ketika Kamu meminum air putih detak jantung Kamu yang awalnya cepat akibat gugup akan berdetak normal. 

Meminum air putih dapat menenangkan sikap Kamu yang sedang gugup dan disarankan jangan meminum-minuman yang pada akhirnya memperburuk rasa cemas dan penampilan Kamu.

5. Jangan diam diri

Jika Kamu hanya diam diri, gugup dan rasa grogi akan semakin terlihat apabila Kamu hanya berada disatu posisi berdiri yang sama dan Kamu akan terlihat tegang. 

Cobalah untuk aktif menggunakan area tubuh seperti tangan saat berbicara itu akan sedikit mempereda rasa grogi Kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url