Cara Mengatasi Harga Diri Direndahkan

 

Kreatizen.my.id - Apakah Kamu membela kepentingan diri sendiri? Apakah Kamu sering terpaksa menyetujui hal-hal yang sebenarnya tidak Kamu inginkan? Jika ya, Saya akan menuliskan ini untuk Kamu. Sudah saatnya untuk bertindak.

Seseorang yang sering dijadikan keset kaki oleh orang lain biasanya memiliki banyak sifat baik. Jadi, jangan lekas merasa kecewa pada diri sendiri jika Kamu memang sering diperlakukan demikian.

Masalah utama Kamu mungkin adalah kurangnya rasa percaya diri dalam membela kepentingan diri Kamu.

"Manusia bukan budak takdir, melainkan budak pikiran mereka sendiri."
– Franklin D Roosevelt 

Berikut 4  cara yang perlu kamu lakukan ketika diperlakukan sedemikian :

1.Belajar untuk berkata “tidak”

Konon, “maaf” merupakan kata yang paling sulit diucapkan. Jika Kamu diminta melakukan sesuatu yang tidak ingin Kamu lakukan, katakan saja dengan jujur. Jelaskan mengapa Kamu tidak sanggup berkata “ya” dengan penuh semangat.

Bersikap jujur akan memperjelas bahwa Kamu tidak menolak tugas tersebut hanya karena ingin bermalas-malasan atau mencari-cari alasan untuk meng hindari tanggung jawab.

2.Belajar untuk menghindar

Tidak ada alasan yang membuat seseorang harus selalu mempermainkan Kamu. Tindakan macam ini tidak dapat diterima dan Kamu seharusnya tidak menyerah begitu saja bila diperlakukan seperti itu. Mintalah dengan sopan kepadanya untuk tidak memperlakukan Kamu seperti itu.

3.Melindungi diri sendiri

orang-orang yang tidak keberatan untuk diperlakukan seperti keset kaki adalah bahwa mereka cenderung berbaik hati kepada orang yang justru bersikap kasar terhadap mereka. 

Ketika Kamu merasa tidak lagi memiliki pilihan dalam sebuah hubungan, baik hubungan pribadi maupun hubungan kerja mungkin Kamu merasa telah kehilangan kemampuan untuk berkata “tidak, Kamu harus segera bertindak!.

4.Menentukan prioritas

Ingatlah bahwa Kamu diperlakukan seperti keset kaki karena Kamu terlalu baik hati dan ingin membantu setiap orang. Namun, Kamu harus bersikap jujur kepada diri sendiri dan menyadari bahwa Kamu tidak dapat melakukan hal itu kepada siapa saja. Kamu tidak perlu merasa bersalah bila berkata “tidak” karena kamu tidak mungkin memuaskan setiap orang.

Nyatakan dengan jujur bila Kamu merasa kewalahan. Jangan terpaksa berkata “ya”. Kamu harus memiliki waktu bagi diri sendiri agar Kamu dapat terus membantu orang lain.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • loveyourhoney
    loveyourhoney July 3, 2021 at 11:43 PM

    Terbantuu makasi

Add Comment
comment url