Cara mengeluhkan barang yang tidak sesuai

Kreatizen.my.id - Masalah ini pernah terjadi pada semua orang. Sebuah produk nampak menakjubkan di dalam toko, tetapi ternyata rusak setelah kita sampai dirumah atau paket wisata yang tertera pada brosur ternyata sangat berbeda dengan kenyataanya. 

Dalam situasi semacam itu, kita tampaknya tidak dapat menghindari perdebatan jika ingin mendapatkan uang kita kembali.

3 Aturan utama yang penting sekali untuk diterapkan dalam situasi macam ini :

1. Bersiap untuk mengeluh

Meskipun Kamu telah berupaya sebaik mungkin, beberapa hal terkadang tidak berjalan dengan mulus, dan Kamu mungkin merasa perlu manyampaikan keluhan, jika demikian maka kamu harus lakukan ini terlebih dahulu :

  1. Persiapkan Segalanya
  2. Siapkan informasi selengkap mungkin mengenai produk tersebut.
  3. Pikirkan kompensasi yang ingin Anda harapkan.

2. Sampaikan dengan santun

Menyebut nama orang biasanya terdengar lebih santun dan memberikan kesan adanya perhatian secara pribadi. Jadi ketahuilah nama lawan bicara Kamu.Hal ini akan membangun rasa empati.

3. Gunakan akal sehat

Tuntunan yang berlebihan mustahil akan berhasil. Sampaikan tuntunan yang masuk akal bagi kedua belah pihak dengan demikian, tuntunan Kamu mungkin akan lebih berpeluang untuk dikabulkan.

Ringkasan


Saat mengeluhkan mutu sebuah barang atau layanan, tetaplah bersikap santun sekaligus tegas. Sebelumnya menyampaikan keluhan, Kamu sudah harus memiliki gambaran yang jelas mengenai masalah yang akan Kamu keluhkan dan solusi yang Kamu inginkan.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Admin
    Admin July 4, 2021 at 8:01 AM

    This comment has been removed by the author.

Add Comment
comment url