Tips Mengatasi Rasa Cemas

Cara mengatasi rasa cemas

Kreatizen.my.id - Bagi sebagian orang normal, rasa cemas biasanya timbul pada kejadian yang tidak biasanya terjadi atau terjadi pada kejadian tertentu, Misalnya saat akan menjalani ulangan semester atau ketika ingin melakukan presentasi. 

Namun pada orang yang menderita gangguan kecemasan, rasa cemas ini akan timbul di setiap situasi. Oleh sebab itu orang yang mengalami gangguan kecemasan, kondisi ini akan sulit membuat mereka rileks. 

Selain itu, gelisah atau rasa takut yang berlebihan akan muncul gejala psikologis lain pada penderita gangguan kecemasan, yaitu rasa cemas, kurangnya rasa percaya diri, menjadi mudah emosi, sulit untuk berkontrentrasi, dan menjadi sosok yang penyendiri. Kemudian, gejala fisik yang disebabkan oleh masalah gangguan kecemasan antara lain :

  • Pusing
  • Lelah
  • Badan gemetar
  • Sulit tidur
  • Jantung berdetak cepat/ Jantung berdebar

  • Mulut terasa kering
  • Sakit kepala atau perut
  • Mengeluarkan keringat secara berlebihan
  • Otot jadi tenggang

Meski penyebab gangguan kecemasan ini belum diketahui secara pasti, beberapa faktor berikut yang diduga penyebab munculnya kondisi tersebut. Di antaranya adalah Pelecehan, intimidasi, dan kekerasan di lingkungan luar atau di lingkungan keluarga.

Faktor resiko lainnya dari gangguan kecemasan antara lain, stress berkepanjangan,  ketidakseimbangan hormon serotonin, noradrenalin suasan hat dan gen yang wariskan dari orang tua. Gangguan kecemasan juga dapat dipicu oleh penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau minum-minuman keras.

Tips untuk menghilangkan rasa cemas, Di antaranya :

    1. Hindari prasangka buruk

Satu hal yang bisa membuat rasa cemas semakin memburuk adalah pikiran yang negatif tentang diri sendiri, orang lain, atau lingkungan sekitar. Salah satu cara untuk mengatasi rasa cemas adalah hindari prasangka buruk.

Pikirkan situasi akan Kamu masuki, atau orang yang akan Kamu temui, yang membuat Kamu merasa cemas.

    2. Miliki rasa percaya diri

Rasa percaya diri adalah hal yang paling penting yang harus kamu miliki, kenapa demikian karena ketika Kamu memiliki rasa percaya diri, rasa cemas yang ada dalam diri Kamu akan ditutupi oleh rasa ini. Percaya diri membuat Kamu menjadi bijak dan lebih kuat dalam mengambil keputusan sendiri dan jauh dari rasa cemas. 

 3. Olahraga rutin ampuh untuk menghilangkan        rasa cemas

Selain membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat menghilangkan rasa cemas dan gejala depresi. Aktifitas fisik seperti olahraga secara rutin ini dapat membantu melepaskan hormon endorfin, yang memiliki efek meningkatkan suasana hati, selain itu olahraga dengan ruitn dapat melepaskan pikiran dari rasa cemas dan khawatir. 

Cukup olahraga selama 25 menit dapat mengurangi rasa cemas yang Kamu sedang rasakan.

    4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat memperbaiki suasana hati, meningkatkan energi tubuh dan merilkesasikan tubuh. Tidur yang cukup dapat dijadikan obat stress yang perlu Kamu coba. Akibat jika tidur tidak cukup antara lain :

  • Mudah emosi
  • Timbul rasa cemas
  • Sulit Konsentrasi
  • Sulit untuk mengambil keputusan
  • Sulit mengingat

Oleh karena itu, tidurlah yang cukup dan hindari dari kegiatan bergadang karena hanya dapat menurunkan kualitas diri Kamu.

    5. Bermeditasi

Bermeditasi memberikan diri Kamu ketenangan, rasa senang, dan menghilangkan rasa cemas. Bermeditasi juga sangat baik untuk mengusir rasa cemas, meditasi bisa dijadikan jalan alternatif untuk membuat diri kamu menjadi tenang. 

Meditasi mengajarkan Kamu untuk mengendalikan pikiran pemicu rasa cemas

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url