Tips Mengatasi Rasa Tegang Ketika Masuk Ke ruangan

Ilustrasi Kecemasan ©2021 Kreatizen.my.id

Kreatizen.my.id - Sebagian besar orang merasa tegang atau gugup ketika mereka memasuki ruangan, seperti ruangan presentasi, ruangan rapat atau juga ruangan pernikahan. Rasa tegang atau gugup yang tidak terkendali dapat mengacaukan pikiran dan menurunkan konsentrasi dalam situasi tersebut.

Perasaan ini akan sangat menganggu kita dalam beraktivitas, jika tidak ditindak lanjuti perasaan ini akan semakin menjadi dan itu akan memengaruhi kinerja kita.

Melansir dari ReachOut.com Rasa tegang adalah hasil reaksi biologis tubuh kita ketika menghadapi rasa tegang atau gugup. Sebagaimana ketika hendak masuk ke ruangan presentasi atau wawancara kerja, sistem saraf melepaskan hormon yang mendorong energi, hormon yang sama ketika kita merasakan deg-degan ketika bermain wahana ekstrim.

Rasa tegang atau gugup tidak hanya memengaruhi kesehatan mental, tetapi juga kesehatan fisik. Cemas memanglah bukan hal yang buruk, tetapi efek yang ditimbulkan berdampak negatif bagi tubuh.

Untuk menghindari resiko yang tidak kita semua inginkan, mulailah dengan mengatisipasi dengan beberapa tips dibawah.

Jika untuk alasan apapun, Kamu merasa tegang atau cemas sebelum memasuki ruangan, inilah sejumlah tips ampuh untuk mengatasinya :

1. Tarik Nafas Dengan Santai

Rasa gugup sangat berpengaruh dengan pola napas Kamu dan nantinya Kamu terlihat belum siap. Oleh karena itu tarik napas dalam-dalam dengan santai. Menarik napas dalam dari diafragma Kamu, bukan rongga dada atas, kegiatan ini akan memberi sinyal pada otak bahwa Kamu rileks dan percaya diri.

Atur irama napas Kamu, keluarkan napas dua kali lebih panjang dari pada saat Kamu menariknya, misalnya menarik napas dalam lima hitungan, dan menghembuskan napas dalam sepuluh hitungan. 

Perhatikan betapa Kamu merasa lebih santai setelah bernapas enam kali.

Pertahankan perasaan itu dan segera masuk ke ruangan.

2. Berpikir Positif

Percayalah bahwa ketika Kamu berpikir positif , maka hal yang membuat kita merasa tidak nyaman akan perlahan-lahan menghilang. Dengan berpikir positif semua hal yang kita pikirkan akan tersugestikan  positif dan akan berjalan dengan lancar. 

Ketika rasa gugup itu datang dan Kamu memiliki pemikiran yang positif maka Kamu akan mencoba mencari jalan keluarnya dan dengan cara pikiran yang baik. Jika respon negatif yang Kamu keluarkan, maka hasilnya pun akan negatif dan hanya semakin membuat buruk keadaan. 

Namun, apabila respon yang Kamu berikan positif, maka hasilnya pun positif dan memperbaik keadaan.

3. Tampilkan Penampilan Yang Baik

Percaya atau tidak bahwa penampilan adalah hal yang paling penting dalam berperan menghilangkan rasa gugup. 

Pakailah pakain yang sesuai dengan acara yang Kamu akan hadiri, hal itu akan meningkatkan rasa percaya diri Kamu Dan jangan lupa untuk mengecek gigi Kamu apakah ada sisa makanan atau tidak. 

Hal sepele ini mungkin jarang dipikirkan oleh kalian padahal ini hal yang penting.

4. Jaga Kontak Mata

Kontak mata adalah cara termudah bagi Kita untuk berhubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, kontak mata adalah awal dari jenis hubungan apa pun dan mengatasi rasa tegang. 

Jadi, jika Kamu ingin benar-benar ingin berbicara dengan siapa pun dalam setiap situasi tanpa rasa gugup dengan penuh rasa percaya diri, awali dengan kontak mata yang mantap secara langsung.

Kontak mata mencerminkan rasa percaya diri dan simpati. Saya menitikberatkan kontak mata sebagai bukti rasa percaya diri dibandingkan sikap yang lain.

5. Berdoa

Apapun yang akan kita lakukan tetaplah awali dengan berdoa. Dengan berdoa akan membuat kita menjadi lebih tenang dan lebih percaya diri dalam menghadapi segala situasi. 

Selain itu, berdoa akan membuat kita segala sesuatu yang akan kita jalani berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan. Pasrahkan segala hal kepada yang maha esa ia akan memberikan jalan dengan cara yang terbaik. Niscaya jika Kamu melakukan itu semua, Kamu pasti bisa melakukan itu semua dan saya yakin Kamu bisa menghilangkan rasa tegang atau juga rasa gugup.

6. Gambarkan Sedikit Gambaran Saat Tampil

Menggambarkan sedikit gambaran saat tampil akan membantu Kamu akan bersikap seperti apa, melakukan halnya bagaimana dan lainnya. Hal ini juga akan membantu persiapan Kamu lebih matang dan mengevaluasi penampilan Kamu ketika masuk ke situasi tersebut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url