Apa Sih Perbedaan dan Pengertian Antara RAM Dengan ROM?

www.kreatizen.my.id
Ilustrasi Chipset ©2021 Kreatizen.my.id

Kreatizen.my.id - Banyak dari sebagian orang yang belum mengetahui perbedaan antara RAM dan ROM. RAM dan ROM smartphone sering dikaitkan dengan performa smartphone yang dapat dilihat dari spesifikasi dan fitur-fitur yang terdapat pada ponsel tersebut. Jadi semakin besar RAM dan ROM di perangkat seluler maka semakin bagus juga kinerjanya yang diberikan smartphone tersebut.

Sebelum Kalian mengetahui apa itu perbedaan antara RAM dan ROM, lebih bagus kalian pahami terlebih dahulu pengertian antara RAM dan ROM. Simak berikut ini.

1. Pengertian RAM

RAM atau Random Access Memory ada perangkat keras yang menyerupai memori yang berperan penting untuk menyimpan data dari aplikasi atau sistem. RAM juga sering digunakan pada smartphone, biasanya semakin besar kapasitasnya maka semakin bagus pula kinerjanya dan dalam hal ini smartphone tidak akan mengalami lag maupun lemot.

Apa benar RAM disebut sebagai penyimpanan data sementara?

Hal ini dapat dijelaskan dengan aplikasi yang dijalankan, RAM akan menyimpan data apa saja yang dibutuhkan ole aplikasi tersebut. Setelah aplikasi tersebut berhenti, maka secara otomatis data-data dari aplikasi tersebut akan dihapus oleh RAM. Tidak heran jika Smartphone kalian lemot karena kapasitas RAM yang kecil dan sudah penuh.

2. Pengertian ROM

ROM atau Read Only Memory adalah hardware yang menyerupai memori yang berperan dalam menyimpan dan membaca data di smartphone. ROM dapat menyimpan data secara permanen tidak seperti halnya RAM yang hanya menyimpan data sementara. Meskipun smartphone kalian di reebot data yang sebelumnya tidak akan hilang. Ketika Kamu menyalakan smartphone kembali, ROM akan membaca kembali data yang telah disimpannya. Oleh karena itu ROM berperan dalam memengaruhi kinerja ponsel, kecepatan membaca dan tentu saja menjadi nilai lebih dari sebuah smartphone yang dipasangkan.

Selain membaca file sistem, ROM juga bisa membaca dan menyimpan file eksternal seperti gambar, video, mp3, dan file lainnya.

Berikut ini perbedaan antara RAM dan ROM :

1. Kapasitas Penyimpanan

Perbedaan yang mencolok di antara RAM dan ROM yaitu penyimpanannya, kebanyakan kapasitas RAM lebih kecil dibandingkan ROM, bisa Kamu lihat di spesifikasi Smartphone. Banyak produsen yang memberikan RAM sebesar 2 GB sampai 16 GB saja. Sedangkan ROM di smartphone yang ukuran terkecilnya mulai dari 16 GB sampai 512 GB angka yang sangat fantastis bukan. 

RAM hanyalah sebuah media penyimpanan data yang bersifat sementara, data yang disimpan sebelumnya akan hilang ketika sebuah sistem atau aplikasi tersebut berhenti bekerja. Berbeda dengan halnya ROM yang digunakan untuk media penyimpanan yang bersifat permanen baik sistem ataupun aplikasi.

2. Media Penyimpanan

Karakteristik dari kedua ini sudah diketahui perbedaanya yang cukup jauh. Mulai dari RAM yang dapat menyimpan file sistem atau aplikasi yang sedang dijalankan untuk sementara dan akan terhapus kembali secara otomatis jika sistem telah berhenti bekerja. 

Sedangkan ROM yaitu sebuah media penyimpanan data yang bersifat permanen dan bisa menyimpan apa saja yang diperlukan. ROM dapat bekerja walaupun tidak ada aliran daya dari sebuah perangkat seluler. Berbeda dengan halnya RAM yang membutuhkan aliran daya.

3. Cara Kerja Dari ROM dan RAM

Perbedaan yang terakhir antara RAM dan ROM yaitu kinerjanya. RAM memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan ROM. hal ini di karenakan RAM dapat membaca, menjalankan, hingga menulis data dari sebuah aplikasi atau sistem yang sedang dijalankan. Berbanding terbalik dengan ROM yang hanya sebatas penyimpanan data dan aplikasi. 

Oleh sebab itu, ROM hanya bisa membaca tanpa mengubah suatu apa pun baik dari sistem maupun aplikasi.  Jadi sampai disini, Kamu pasti sudah mengetahu perbedaan antara RAM dan ROM yang cukup banyak perbedaanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url