Tips Agar Cepat Terlelap Tidur, Penderita Insomnia Harus Tau!!

Cara cepat tidur
Ilustrasi Tidur. ©2021 Kreatizen.my.id

Kreatizen.my.id - Tak semua orang dapat tertidur dengan mudah dan cepat. Bagi beberapa orang tidur dengan cepet merupakan aktifitas yang sulit untuk dilakukan dengan cara cepat. 

Cara mudah dan cepat tidur di malam hari tidak harus mengonsumsi obat dokter terlebih dahulu, cobalah untuk mematikan lampu dan gadget, mengatur suhu ruangan yang bikin Kamu nyaman dan atur waktu tidur Kamu agar selalu berada di jam yang sama setiap malam harinya.

Segudang manfaat akan Kamu dapatkan dari tidur yang berkualitas. Selain membuat Kamu merasa lebih baik saat bangun dari tidur, tidur dengan nyenyak juga membantu semua organ tubuh Kamu kembali berfungsi dengan baik dan bisa membuat Kamu lebih bertenaga menjalani aktivitas sehari-hari.

Kualitas tidur yang kurang baik hanya akan memberikan efek negatif bagi tubuh, di antaranya, memengaruhi suasana hati, meningkatkan resiko penyakit, kesehatan mental dan sebagainya.

Tidur dengan cepat bukanlah hal yang sulit. Ada bermacam strategi yang bisa dilakukan agar bisa tidur dengan cepat. Berikut ini Tips Agar Cepat Terlelap Tidur :

1. Matikan Lampu dan Gadget

Mematikan lampu dan gadget sekitar 1 jam atau lebih sebelum Kamu tidur ini dapat dijadikan untuk tips agar cepat terlelap tidur.

Ketika Kamu mematikan lampu dan gadget, tidak ada lagi cahaya yang dipancarkan dari peralatan elektronik, hal ini akan meningkatkan produksi hormon melatonin sehingga kualitas tidur Kamu akan baik dan bisa beristirahat dengan nyaman.

Saya sarankan untuk tidak melakukan aktifitas yang tidak perlu sebelum tidur, hal ini dapat mengurangi waktu tidur Kamu.

2. Mendegarkan Musik

Salah satu tips untuk cepat tidur adalah mendengarkan musik. Music digadang-gadang dapat mengatasi gangguan tidur kronis seperti insomnia.

Musik relaksasi adalah jenis yang tepat untuk membuat Kamu tertidur dengan cepat.

Selain musik relaksasi Kamu juga bisa mencoba beberapa musik instrumental yang lembut dan dapat menenangkan hati. 

Saya merekomendasikan Relaxing Piano Music Berjudul “ Looking Back At Us “ By – Henri Bently.

3. Mengatur Suhu Ruangan Yang Bikin Kamu Nyaman

Salah satu tips cepat tidur yang kedua adalah mengatur suhu ruangan tidur.

Tidak hanya membuat waktu tidur Kamu lebih cepat, Langkah ini merupakan cara mudah untuk tidur dengan nyenyak dan cepat di malam hari.

Atur suhu ruangan yang lebih rendah dapat menurunkan suhu dari inti tubuh sehingga membantu Kamu untuk tidur dengan mudah dan nyenyak.

Pada umumnya, suhu ideal pada ruangan untuk tidur yang disarankan ialah berada di kisaran 18-24 derajat Celcius.

4. Hindari Tidur Siang

Bagi Kamu yang memiliki waktu senggang di waktu siang  dan ingin cepat tidur, sebaiknya jangan tidur di siang hari. Tidur siang lebih dari 2 jam atau menjelang waktu sore dapat membuat siklus tidur Kamu menjadi berantakan.

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang setidaknya 3 kali per minggu selama lebih dari 2 jam, mereka akan memiliki waktu tidur yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan tidur siang.

5. Pikirkan Hal Yang Menyenangkan

Sebuah riset menyebutkan bahwa ketika 41 penderita insomnia diminta untuk berimanjinasi tentang hal-hal yang membuat mereka bahagia, mereka jadi bisa tidur dengan cepat dan nyenyak.

Oleh itu, Sambil memejamkan mata dan cobalah berimajinasi mengenai tempat atau seseorang yang membuat kamu bahagia. Saya yakin, Kamu pasti bisa tertidur dengan cepat.

6. Gunakan Metode Bernapas “4-7-8”

Tips Agar Cepat Terlelap Tidur yang Terakhir adalah dengan menggunakan metoda bernapas “4-7-8”. Metode 4-7-8 merupakan adopsi dari teknik meditasi. Metode pernapasan sederhana ini dapat memberikan ketenangan dan perasaan rilekas. Metode ini dapat membantu tubuh lebih rileks sebelum tidur.

Menurut para ahli, teknik ini diklaim dapat bekerja dengan cara menenangkan pikiran dan mengendurkan otot dan saraf yang tegang.

- Berikut langkah-langkah mengguanakan metod bernapas “4-7-8”

- Posisikan dirimu Kamu dengan nyaman di atas tempat tidur.

- Tutup mulut dan tarik napas dengan perlahan melalu hidung selama 4 hitungan

- Kemudian tahan napas selama 7 hitungan

- Buka mulut dan buang napas hingga mengeluarkan suara mendesing salam 8 hitungan

- Ulangi metode ini minimal tiga kali atau sampai Kamu merasa nyaman.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url